a 5 - Hidden Gem di Indonesia Timur,
HOME

Hidden Gem di Indonesia Timur,

 Indonesia sisi timur diketahui mempunyai segudang tempat rekreasi alam eksotis. Dari mulai Raja Ampat Papua, Taman Nasional Komodo, sampai Pantai Merah atau Pink Beach Labuan Bajo. Ke-3nya adalah tujuan rekreasi alam yang pas buat yang ingin liburan #DiIndonesiaAja.

Alam yang masih tetap asri, bentangan pantai dengan air laut yang jernih, biota-biota bawah air yang menarik, sampai fauna langka membuat teritori rekreasi alam yang terdapat di Indonesia sisi timur jadi favorite pelancong lokal serta luar negeri.

Tetapi Indonesia timur tidak terbatas pada tujuan-destinasi rekreasi alam yang terkenal hanya itu, tetapi masih ada deretan tempat rekreasi yang tidak kalah menarik untuk didatangi serta jadi hidden gem. Diantaranya ialah Pulau Mangiatan atau yang bertambah diketahui dengan nama Pulau Sembilan.

Pulau yang terdapat di teritori Taman Nasional Komodo ini benar-benar sangat unik serta tidak sama dengan pulau-pulau yang lain. Bagaimana tidak, pulau ini mempunyai bentuk seperti angka sembilan. Penyebutan nama Pulau Sembilan dilandaskan pada memiliki bentuk itu.

Khasnya lagi, Pulau Sembilan tidak terbentuk dari tanah, tetapi dari terumbu karang yang mati. Walau tidak ditumbuhi pohon-pohon, bentangan laut biru yang memikat di kanan serta kiri membuat hidden gem di Indonesia sisi timur ini wajar didatangi.

Pulau Sembilan yang terdapat tidak jauh dari Labuan Bajo ini mempunyai air yang paling jernih. Beberapa traveler dapat lihat biota-biota laut yang berada di di air secara jelas. Diantaranya ialah ubur-ubur yang tidak menusuk.

Bila beberapa traveler kesini, pasti mendapatkan ubur-ubur yang tidak menusuk atau yang bertambah diketahui dengan nama Stingless jellyfish ditengah-tengah lingkaran angka 9 pulau ini. Tempat ubur-ubur itu ibarat dalam suatu kolam renang berupa lingkaran dengan kedalaman optimal seputar 2 mtr..

Ubur-ubur dalam tempat ini unik serta berpenampakan tidak sama dari yang umum. Koloni ubur-uburnya mempunyai tentakel memiliki warna biru, hidupnya ada di ganggang yang hidup di kolam ini.

@myTrip_myAdvntr/Twitter Photo: @myTrip_myAdvntr/TwitterSelain bisa bermain bersama-sama ubur-ubur tidak menusuk, di pulau kecil ini beberapa traveler dapat berbaring di bentangan terumbu karang mati serta nikmati teriknya matahari.

Tidak itu saja, Pulau Sembilan jadi tujuan yang pas untuk menyimpan peristiwa berlibur serta mengunggahnya ke sosial media. Pulau Sembilan atau Pulau Mangiatan adalah tempat wisata terselinap yang menarik #DiIndonesiaAja.

Jadi, telah siapkah Anda kesana? Masalah prosedur kesehatan tidak perlu dicemaskan, karena Taman Nasional Komodo sekarang ini sudah dibuka kembali lagi, persisnya semenjak Juli 2020 dengan mengaplikasikan Prosedur Kesehatan Berekreasi atau CHSE yang mencakup kebersihan, kesehatan, serta keselamatan.

Sekarang ini semua tempat penyelaman serta daratan terbuka untuk umum. Traveler yang disebut masyarakat negara Indonesia atau masyarakat negara asing yang telah ada di Indonesia semenjak Maret 2020 atau awalnya disilahkan untuk berkunjung ke beberapa situs itu dengan alasan yang jeli.

Traveler diwajibkan selalu untuk bawa hasil tes cepat/PCR (polymerase chain reaction) yang benar semasa lawatan ke Taman Nasional Komodo. Disamping itu, semasa ada di teritori pengunjung harus memakai masker.

Jaga kebersihan tujuan rekreasi harus untuk dilaksanakan. Hal tersebut sesuai dengan peningkatan sustainable tourism atau rekreasi berkepanjangan di Indonesia. Pelanggaran yang dilaksanakan oleh pengunjung tidak akan ditolerir oleh pengelola.

Faksi Taman Nasional Komodo menyarankan untuk lakukan pendaftaran online yang bisa dibuka lewat register.labuanbajoflores.id buat memberikan dukungan penjagaan penebaran COVID-19 di Labuan Bajo serta sekelilingnya.

Jadi, buat Anda yang ingin berlibur #DiIndonesiaAja, diantaranya dengan berkunjung ke hidden gem di Indonesia Timur, yaitu Pulau Mangiatan atau Pulau Sembilan, tekankan tetap patuhi Prosedur Kesehatan Berekreasi yang diputuskan ya!